Rabu, 11 Juli 2012

tugas akhir membaca komprehensif


Judul               : Linguistik Umum
Karya              : Abdul Chaer
Penerbit           : Rineka Cipta
Tahun              : 2007
Kota terbit       : Jakarta
Halaman          : 393 halaman

LINGUISTIK UMUM
            Buku Linguistik umum karangan Abdul Chaer ini berisi 393 halaman. Dalam buku ini ada beberapa bab, yang masing-masing bab berisi Linguistik sebagai ilmu, Objek Linguistik ; Bahasa, Tataran linguistik (1) Fonologi, Tataran linguistik (2) Morfologi, Tataran linguistik (3) Sintaksis, Tataran linguistik (4) Semantik, Sejarah  dan Aliran linguistik.
            Linguistik adalah Ilmu tentang bahasa atau ilmu yang menjadikan bahasa sebagai objek kajiannya. Dalam ilmu Linguistik dapat dikategorikan menjadi FONOLOGI adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis dan membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa. ; [1] Fonetik (alat-alat ucap, proses fonasi, tulisan fonetik, klasifikasi bunyi (vokal, diftong, konsonan. [2] Fonemik (identifikasi fonem, alofon, klasifikasi fonem, khazana fonem, perubahan fonem ( asimilasi dan disimilasi; netralisasi dan arkifonem; umlaut, ablaut dan harmoni vokal; Kontraksi; Metatesis dan epentesis); Fonem dan Grafem.
            Morfologi adalah sistem dari suatu bahasa yang senantiasa membentuk kalimat-kalimat yang mengalami perubahan-perubahan sesuai dengan jenis kata atau makna kata yang dikehendaki oleh penutur atau penukisnya ; [1] Morfem (Identifikasi morfem, morf dan alomorf, klasifikasi morfem (morfem bebas dan tak bebas, morfem utuh dan terbagi, morfem segmental dan suprasegmental, morfem beralomorf zero). Proses morfemis meliputi Afiksasi, Reduplikasi, Komposisi, Konversi, Pemendekan, dan Produktivitas proses morfemis.
            Sintaksis adalah penempatan kata-kata menjadi kelompok kata atau kalimat ; Struktur sintaksis ( jenis-jenis frase, perluasan frase) ; Klausa (jenis klausa) ; Klimat (jenis-jenis kalimat, intonasi kalimat, modus, aspek, kala, modalitas, fokus dan diatesis) ; Wacana (alat-alat wacana, jenis wacana, subsatuan wacana) ; Catatan mengenai hierarki satuan.
            Semantik adalah makna yang berada diseluruh atau di semua tataran yang bangun membangun, makna ini berada dalam tataran fonologi, morfologi dan sintaksis ; di dalamnya terdapat hakikat makna, jenis makna (makna leksikal, gramatikal, konstektual, referensial, nonreferensial, denotatif, konotatif, konseptual, asosiatif, idiom dan peribahasa ; Relasi makna ( sinonimi, antonimi, polisemi, homonimi, hiponimi, ambiguiti, redundansi ; Perubahan makna; Medan makna dan komponen makna (medan makna, komponen makna, kesesuaian sintaksis dan semantis).
            Kelebihan dari buku Lingustik umum ini masing-masing BAB lengkap disertai dengan gambar-ganbar, buku juga disertai soal-soal untuk menambah daya ingat mahasiswa.
            Kekurangan buku ini terletak pada bahasa terlalu bertele-tele terkesan pemubaziran kata atau kalimat, penggunaan kalimat masih banyak yang susah dipahami.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda