Kamis, 07 Juni 2012

Model observasi dan simulasi(OBSIM) untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa pendidikan fisika dalam mengajar

Nama    : Novita Permatasari
NIM     : A310110082

Abstrak: Model dan simulasi(OBSIM)untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa pendidikan fisika dalam mengajar. Penelitian tentang observasi dan simulasi fisika mempunyai dua tujuan. Pertama, untuk mendeskripsikan tentang model OBSIM guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam perencanaan pembelajaran. Kedua, mendeskripsikan model OBSIM meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam mengimplementasikan perencanaan pembelajaran. Desain penelitian adalah penelitian tindak kelas dengan menggunakan siklus-siklus. Untuk mengumpulkan data dilakukan dengan teknik observasi,asesmen otentik,dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model OBSIM dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran dan mengimplementasikan dari kategori sedang ke kategori tinggi selama simulasi yang diberikan dosen disajikan dengan jelas, mahasiswa berpartisipasi aktif dalam diskusi,sering berlatih dan umpan balik selau diberikan setelah mahasiswa presentasi mengajar.

Abstract: Observation and simulation model(OBSIM) to improve the teaching ability of physics education studenta. A study on OBSIM was carried out fot two purposes.First, to describe how obsim model can improve student ability in designing physics lesson plan.Second, to describe how the obsim model can increase student skill in implementing physics lesson plan.The subject of this study were 43 physics educational progran.This study was designed as classroom action research.Observation authentic assesment,and interview were used to get data.The results of data collection were analysed by using descriptive statistic.The findings reveal that obsim model is able to improve student ability in designing simulations which are given by the lecturer presented clearly,students participate actively in class discussion,the task of designing a lesson plan and teaching practice are often done by students,and the feedback is always given after students presentation.
Keys: Models OBSIM, Learning physics, Physics teaching skills

Indrawati.2011.Jurnal Ilmu Pendidikan,Jilid 17,Nomor 4,287-297

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda